Senin, 07 Juni 2010

TUGAS 7


1. Definisi Weblog !
2. Sejarah Weblog !
3. Sebutkan sebanyak mungkin Situs Layanan Gratis membuat Weblog !
4. Sejarah Weblog Blogspot !
5. Jelaskan, mengapa ketika akan membuat Blogspot harus masuk dulu ke Alamat URL http://www.blogger.com !
6. Sejarah asal-usul berdirinya http://www.blogger.com !
7. Manfaat Weblog yang Anda rasakan dan ketahui selama ini!
8. Tujuan Weblog !
9. Cara Membuat Blog Tingkat Dasar/Pemula versi Anda Sendiri !
10. Definisi User Name dan Password dalam Weblog !
11. Tujuan membuat User Name dan Password dalam Weblog !
12. Solusi bilamana User Name ingat, namun lupa Passwordnya !
13. Solusi bilamana Passwordnya ingat, namun User Namenya lupa !
14. Definisi Login (Sign In) !
15. Manfaat Login (Sign In) !
16. Tujuan Login (Sign In) !
17. Definisi Register (Sign Up) !
18. Manfaat Register (Sign Up) !
19. Definisi Dashboard !
20. Manfaat Dashboard !
21. Tujuan Dashboard !
22. Berikan alasan, mengapa setiap akan mengelola Weblog selalu harus masuk ke Menu Dashboard !?
23. Tuliskan tata cara membuat Weblog dengan cukup 1 (satu) User Name dan Password bisa dipakai untuk mengelola beberapa Weblog di tempat Layanan Yang Sama namun dengan Alamat URL yang berbeda dan Isi Weblog yang berbeda pula !
24. Dalam Menu Dashboard terdiri dari beberapa Sub Menu, sebutkan semuanya dan fungsinya masing-masing !
25. Di manakah kita akan menambah Gadget /Widget (Add Gadget/Widget) di Blogspot ?
26. Sebutkan Unsur-Unsur yang terdapat pada Sub Menu Layout (Tata Letak) dan kegunaannya masing-masing !
27. Jelaskan kegunaan PUBLISH ENTRY !
28. Jelaskan cara menerbitkan Artikel yang gagal di PUBLISH ENTRY dan muncul Pesan Error !?
29. Jelaskan kegunaan SAVE AS DRAFT !
30. Jelaskan cara menerbitkan Artikel yang sebelumnya berupa SAVE AS DRAFT !?
31. Jelaskan cara menghapus Artikel yang bersifat PUBLISH ENTRY maupun SAVE AS DRAFT bilamana suatu waktu mersa harus dihapus karena adanya alasan-alasan tertentu !?
32. Definisi Template !
33. Manfaat Template !
34. Tujuan adanya Template !
35. Tuliskan tata cara mengganti Template via Layanan Template Versi Gratisan !
36. Tuliskan Alamat URL sebanyak mungkin yang memberikan Layanan Template Gratis !
37. Tuliskan Alamat URL sebanyak mungkin yang memberikan Layanan Template Berbayar alias Beli !
38. Sebutkan perbedaan antara Template Weblog Gratisan dengan Template Weblog Berbayar !
39. Sebutkan persamaan antara Template Weblog Gratisan dengan Template Weblog Berbayar !
40. Tuliskan sebanyak mungkin Alamat URL yang memberikan Layanan Panduan/Tutorial Gratis tentang Membuat dan Mengelola Weblog dari Kelas Dasar/Pemula, Menengah hingga Kelas Lanjut !
41. Jelaskan apa yang Anda lakukan setelah berkunjung ke Alamat URL orang lain baik Weblog maupun bukan !?
42. Jelaskan apa yang Anda lakukan setelah copy paste yang diijinkan ke Alamat URL orang lain baik Weblog maupun bukan !?
43. Sebutkan indikator bahwsanya kita boleh copy paste di suatu Alamat URL orang lain !
44. Jelaskan apa yang Anda lakukan setelah mendownload yang diijinkan ke Alamat URL orang lain baik Weblog maupun bukan !?
45. Sebutkan indikator bahwsanya kita boleh mendownload secara gratis di suatu Alamat URL orang lain !
46. Ekstensi Domain Name suatu Alamat URL itu banyak ragamnya , misalnya .org; .com; .biz; .net; sch.id; ac.id. karena itu, carilah sebanyak mungkin Ekstensi suatu Domain Name, kemudian jelaskan penerapannya masing-masing !
47. Definisi Sign Out (Log Out atau Exit) !
48. Manfaat Sign Out (Log Out atau Exit ) !
49. Jelaskan dampak negatif bilamana lupa Sign Out !
50. Jelaskan cara mengatasi Sign Out yang gagal terus dan ingin Weblognya aman dari gangguan orang-orang yang tak bertanggungjawab !?
51. Jelaskan, mengapa setiap akan melihat saja isi suatu Weblog, cukup mengetikkan Alamat URL di Address Bar suatu Search Engine !?
52. Sebutkan perbedaan membuka Weblog lewat Alamat URL dengan Login dahulu di http://www.blogger.com !
53. Sebutkan persamaan antara membuka Weblog lewat Alamat URL dengan Login dahulu di http://www.blogger.com !
54. Sebutkan secara lengkap Sub-Sub Menu yang ada pada Sub Menu Settings (Pengaturan) dalam Blogspot dan kegunannya masing-masing !
55. Sebutkan kegunaan pengaturan FONTS & COLORS dalam Blogspot !
56. Berikan alasan mengapa suatu hari kita bisa dan boleh menghapus Blogspot !?
57. Sebutkan cara menghapus Blogspot bilamana suatu hari tidak menginginkan lagi !?

PSPB ... ? (Pertanyaannya Segudang , Penjawabannya Bagaimana ... ?)

1.DefiNIsi Web bLOgg_
Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.


2. Sejarah bloG..
Sejarah Asal Usul Kemunculan Blog
oleh Fikri
Masih berada di dalam serial infrastruktur blogging. Sebelum kita memulai melakukan kegiatan blogging, ada baiknya jika kita mengenali root dan asal muasal blogging:
Blog merupakan hasil evolusi dari diary online: Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang melakukan membuat online diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih merupakan pelajar dari Swarthmore College.
Kala itu, Blog (atau ketika itu bernama online diary) pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.
Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.
Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.
Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”.
Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.
Di titik ini, blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulai bergeser.
Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologis terbalik.
Dari sini, semuanya benar-benar berubah. Blog bertumbuh demikian cepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpress sebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine.
Setelah itu, blog dan blogosphere terus berevolusi menjadi blogosphere yang kita huni hari ini
3. Situs_MengeNai weBLogGG…
Referensi tulisan ini:
• http://en.wikipedia.org/wiki/Blog
• http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_blogging_timeline
• http://en.wikipedia.org/wiki/Justin_Hall
• http://en.wikipedia.org/wiki/Jorn_Barger
• http://www.rebeccablood.net/essays/weblog_history.html –
4. SejaraH webBlogBlogsPot…
Sejarah Blogger (Blogspot)
(23 February, 2009) Kategori: Asal mula | by: admin

Blogger atau yang sekarang disebut Blogspot sudah tidak asing lagi di kalangan blogger. Penyedia layanan blog gratisan ini adalah perusahaan besar yang menyaingi Wordpress sehingga bisa dibilang merupakan penyedia blog gratisan nomor satu paling laris di dunia. Berikut sejarah Blogger:
Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.
Pada bulan Februari2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini memnyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.
Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.
Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.
Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.
Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.
5. Ea…kareNa yang memiLiki bloG tersebuT bersumBer paDa blogger .com…
6. Sama sepertI nomEr 4….
7. Yang saYa rasakAn saaT nEYh adaLAh merasa iLmu saya bErtambah dan mulai mengetahui mengenai beberapa hal mengenai Blog…
8. Tujuan weB bloG salah satunYa adaLah meMosting tugaS dan memberikan informasi ataS aPA yang ada dan YanG terbaRu…
9. BukasituZ blogger.Com kemudian pilih MemBuat BloG baru kemudian ikuti tata Cara yang telah terterA_
10. Username : Pengguna
Password : Kata Kunci
11. Untuk mengeTahui nama pemiLik dan mempermuDah daLam menCarinyA…
12. Hubungi bloGger.com dan ikuTi tata Cara selanjutnya sesuAi dengan proseDur..

13. Hubungi bloGger.com dan ikuTi tata Cara selanjutnya sesuAi dengan proseDur..

14. Log iN : Masuk, biasanya digunakan Untuk memaSuki situs-SituZ
15. tePat paDa masUkan situZ yang dituJu..
16. tePat paDa masUkan situZ yang dituJu..
17. SigN up : KeluAr, biasanya digunakan seteLah selesaI mengunjungi suatu SituZZ…
18. Agar situZnya tertutupi dan tidak diutaK atik olEh oraNg…
19. DashboarD : dinding dari blogger
20. biaSanya digunakan Untuk membuat atau mengedit bahkan membenahi blogger lebih khusus-Nya…
21. . biaSanya digunakan Untuk membuat atau mengedit bahkan membenahi blogger lebih khusus-Nya…
22. Agar blognya tidak dicamPuri olEh hacker-Hacker yang jail….
23. Sama Saja denGan caRa membUat blog…Hanya saJa UsernamE yang satu dengan yang laiNnYa dibuaT berbeDa…
24.
25. Buka menu dashboard…
26.
27. Untuk memosting Hasil yang akan ditunjukkan dan dilEtakkan paDa bLoG kitA..
28. CobateruS hinggA berHasil bila masih tiDak bias, hubunGi blogger.com
29. Disimpan duLu dan sewaktU –wakTu dapat diperbaiki
30. Edit entHry lalu selesaikan tugAs yang ada daLam Save aS draft tersebut kemudian kLik terbitkan EntRhY…
31. buKa menu edit kemudian akan munCul beberaPa postIngan dan piliH postingan yang memeng akan dihapuZ..
32. template : hiasan yang biasanya disuguhKan daLam bloG..
33. Untuk menghias bLog seHinggA terLihat inDah dan Tidak membosankan…
34. . Untuk menghias bLog seHinggA terLihat inDah dan Tidak membosankan…
35. Buka menu DasHboArD dan pilih Edit HTML-pilih Edit template_
Diposkan oleh RaN_nEe... di 19:44 0 komentar
TugasZ tenTang Virusz
Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Tugas 3. Semester 2. Virus Komputer dan Cara Mengatasinya



1. Apa itu Virus Komputer ?
2. Siapa yang membuat Virus Komputer ?
3. Jelaskan, mengapa banyak dia antara kita membuat Virus Komputer ?
4. Bagian Komputer mana sajakah yang bisa rusak oleh serangan Virus Komputer ? Jelaskan !
5. Bagian Hardware mana sajakah yang bisa mati gara-gara serangan Virus Komputer ?
6. Bisakah Virus Komputer menular ke dalam tubuh manusia khususnya Si User Komputer ? Jelaskan !
7. Bisakah Virus Komputer mempengaruhi Pikiran, Sikap, Ucapan dan Perilaku Negatif Si User Komputer ? Jelaskan !
8. Sebutkan dan Jelaskan jenis Virus Komputer !
9. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Ringan !
10. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Menengah !
11. Sebutkan Jenis Virus Komputer yang tergolong Virus Berat !
12. Sebutkan dan jelaskan dampak negatif Pembuatan Virus, lalu diujicobakan di Komputer Sekolah !
13. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, hanya ada 1 (satu) Unit Komputer yang terserang Virus ? Jelaskan !
14. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, hanya ada 2 (dua) atau lebih Komputer yang terserang Virus ? Jelaskan !
15. Bagaimanakah sikap Anda bilamana Komputer di LABKOM Sekolah Anda, Seluruh Komputernya terserang Virus ? Jelaskan !
16. Bilamana Komputer terserang Virus, lebih arif bijaksana manakah antara Menyecan Virus dengan Install Ulang Windows, Program Aplikasi dan Pendukungnya ? Jelaskan !
17. Jelaskan tentang Virus Lokal : Definisi, Jenis, Dampak Positif, Dampak Negatif, Pembuatnya, Alasan Pembuatannya !
18. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Lokal yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
19. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Lokal yang sedang menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
20. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Asing yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
21. Sebutkan sebanyak mungkin Virus Asing yang pernah menjadi Hantu Komputer di Indonesia, sekaligus Sasaran Korbannya dan Cara Mengatasinya !
22. Sebutkan dan jelaskan tentang Deteksi Cirikhas Komputer telah terkena Serangan Virus !
23. Sebutkan dan jelaskan tentang Cirikhas Komputer bilamana sudah pernah kena Serangan Virus meskipun sudah discan !
24. Virus dibuat melalui Bahasa Program Komputer (Programming), apa nama Softwarenya ?
25. Carilah Tutorial sebanyak mungkin tentang Trik Tips Mengatasi Virus !

JAWAB:

1. Anti virus gratis adalah anti virus yang didapatkan secara gratis.
Anti virus berbayar adalah anti virus yang didapatkan tidak secara gratis
perbedaan antara antivirus gratis dan antivirus berbayar:
antivirus berbayar:

* update otomatis online

* scanning lebih cepat
* fasilitasnya lengkap
* pembersihan virus lebih bagus

2. Antivirus buatan Indonesia
Antivirus merupakan obat atau sebagai antisipasi dari serangan virus komputer supaya virus tersebut tidak menginfeksi komputer yang dapat berakibat fatal bagi komputer anda, pasti hal ini sangat menjengkelkan bagi anda, karena data penting yang anda miliki bisa hilang atau dihapus oleh virus, tapi hal ini hanya berlaku bagi anda yang masih menggunakan OS Windows dan bukan Open Source seperti linux, namun bagi anda yang masih setia menggunakan OS windows maka diwajibkan untuk memakai antivirus yang tentunya bisa melindungi komputer anda dari serangan virus, trojan, worm, phising, dll. Dan andapun bebas memilih Antivirus mana yang anda suka, bisa Antivirus buatan luar negeri maupun dalam negeri, tapi saya menganjurkan untuk membasmi virus lokal harus memakai antivirus buatan Indonesia sendiri, karena sudah banyak Antivirus kita yang sudah diakui oleh Indonesia bahkan dunia akan kemampuannya mendetect virus dan sejenisnya. Berikut dibawah ini daftar Antivirus Buatan Indonesia yang paling banyak digunakan di Indonesia :

1. PC Media Antivirus

PCMAV adalah Antivirus yang dibuat oleh majalah PCmedia yang dimulai pada awal tahun 2006, antivirus ini merupakan antivirus yang paling banyak digunakan di Indonesia, mengingat kemampuannya yang sangat bagus dan sangat membantu sekali, terutama ketika komputer saya terinfeksi virus, ketika itu saya menggunakan pcmav v4lkyr13 untuk membasmi virus/worm yang bernama win32 heur/ win32 cekar, karena antivirus yang cocok untuk menghapus virus/worm tersebut adalah pcmav. Kelemahannya hanya pada waktu scanning yang lama dan tidak bisa digunakan pada OS windows 98 harus windows 2000 keatas.

2. SMADAV

SMADAV adalah antivirus buatan Indonesia yang mulai diluncurkan pada bulan Maret 2007 dan mulai booming pada awal bulan tahun 2009, pengguna smadav pun semakin bertambah itu semua tidak terlepas oleh upaya smadav untuk memperbaharui antivirusnya, keunggulan antivirus ini adalah cepatnya proses scanning pada komputer dan tidak membebani memori komputer, selain itu smadav juga membersihkan hingga tuntas semua virus yang sudah menginfeksi komputer anda dan saat ini smadav mampu mendeteksi kurang lebih 1500 lokasi registry, dan kekurangannya belum bisa menghapus secara tuntas virus-virus impor, karena difokuskan untuk menghadapi virus yang tersebar di Indonesia.

3. ANSAV Antivirus

ANSAV adalah antivirus yang dibuat oleh perusahaan Indonesia yang mulai dipopulerkan sejak bulan Oktober 2006 dan merupakan pesaing dari Antivirus PCMAV yang terlebih dahulu telah diluncurkan. Antivirus ini juga cukup banyak digunakan oleh orang Indonesia terutama untuk membasmi virus brontok, antivirus ini mempunyai kelebihan yaitu sangat sensitif terhadap virus yang telah menginfeksi komputer namun sekaligus terdapat kekurangan yaitu kadang-kadang data yang sudah terinfeksi virus akan ikut terhapus bersama dengan virusnya.

4. Blue Atom Antivirus

Blue Atom Antivirus merupakan antivirus yang dibuat oleh anak kelas XI E SMP Katolik Stella Maris, Surabaya, yang bernama Alvin Leonardo yang masih berusia 14 Tahun, antivirus buatannya ini sudah mendapatkan garansi 100% Clean dari Softpedia.com pada tanggal 19 Oktober 2009, yang membuat kaget adalah Alvin ini tidak melakukan kursus atau bimbingan bahasa pemrograman untuk membuat antivirus ini, tapi dia belajar secara otodidak dengan mempelajari 3 bahasa pemrograman sekaligus yaitu Visual Basic, C#, dan Assembler (ASMX 86), dan menurut pakar IT yang juga Dekan FTIf ITS Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD mengatakan bahwa Alvin ini akan diikutkan pada lomba-lomba pemrograman dan potensinya bisa dibina untuk menjadi Hacker ilmu putih (WhiteHat).

5. GUCUP Antivirus (GAV)

GUCUP Antivirus merupakan salah satu karya anak bangsa yang sudah dikenal Indonesia bahkan dunia Internasional, Antivirus ini dibuat oleh Yusuf Theretsa Patiku, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. GAV ini dibuat dengan Microsoft Visual Studio .Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#, Antivirus ini juga sudah mendapat garansi 100% clean dari Softpedia.com dan bisa langsung di download disana, kelebihan dari antivirus ini adalah mampu menscan file arsip seperti rar maupun zip, memory system scanning, proses scanning cepat, mampu memisahkan file document yang sudah terinfeksi malware (for : Backdoor.Win32.Delf.axz, Trojan.Win32.Delf.aav, Worm.Win32.Delf.cd) dan mampu memisahkan file aplikasi/.exe dari malware (for : DeulleDo-X [2], Virus.Win32.Delf.bk). Dan masih banyak lagi fitur menarik dari Antivirus ini.

6. AVIGEN Antivirus

AVIGEN Antivirus merupakan antivirus buatan Indonesia yang mempunyai website di www.vibi-bego.com kelebihan dari antivirus ini adalah bisa mencari file-file yang sudah terinfeksi virus seperti worm, hacktool, exploit script, serta trojan horse. Fasilitas yang terdapat pada AVIGEN adalah registry tweak, scan running proses, process viewer, scan autorun location dan masih banyak lagi. Selain itu Antivirus ini juga sudah mendapatkan sertifikat 100% clean dari softpedia.com
Diposkan oleh RaN_nEe... di 19:42 0 komentar
Label: tugaS tik S2 X-1
Rabu, 31 Maret 2010
neCh tuGasz Suhu YanG quW lakuEenn....
TUGazzZZZ biOZsSs......!!!
A. BIOS Komputer
1. Definisi
2. Manfaat
3. Cara Mengoperasikan
4. Hubungan BIOS dengan :
4.1. Operating System
4.2. Software Non Operating System
5. Dampak Negatif Komputer Tanpa BIOS
6. Letak Instalasi
7. Produsennya
B. Operating System
1. Definisi
2. Manfaat
3. Cara Instalasi
4. Macam-Macam Operating System
5. Dampak Negatif Operating System Tanpa Software Aplikasi
C. Tugas Khusus DOS
1. Definisi
2. Klasifikasi Software
3. Panduan/Tutorial Cara Mengoperasikan DOS
4. Hubungan DOS Dengan Microsoft Windows


A. BIOS KOMPUTER
A.1. Definisi : BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

A.2. Manfaat : BIOS (Besic Input Output System) adalah program yang berfungsi mengatur dan mengkonfigurasikan system computer, yang disimpan dalam sebuah chip Bios.

A.3. Cara Mengoprasikan :
A.3.1. Data (dapat berupa huruf, angka, gambar, atau desain grafis) dimasukkan ke dalam CPU (Central Processing Unit) oleh pengguna komputer melalui komponen input keyboard, scanner, atau mouse.
A.3.2. Di dalam CPU, terjadi proses komunikasi data yaitu data yang disampaikan ke program aplikasi segera diteruskan ke program sistem operasi. Oleh program sistem operasi, data ini diubah menjadi bahasa mesin yang bisa dimengerti oleh peralatan elektronik yang terdapat di dalam komputer.
A.3.3. Data-data tersebut kemudian oleh sistem operasi disampaikan pada software aplikasi dan ditampilkan di layar monitor.
A.3.4. Apabila tampilan di layar monitor dinilai sudah sesuai dengan keinginan pengguna komputer, si pengguna akan memberikan instruksi komputer untuk menyimpan hasil kerjanya dalam media penyimpan (disket, flashdisk, atau hardisk) atau bisa juga memberi instriksi komputer untuk mencetaknya melalui sebuah printer.

A.4. Hubungan BIOS Dengan
A.4.1. Operating System
Os adalah kumpulan perintah untuk mengatur, mengontrol, mengawasi dan mengendalikan semua kegiatan system kerja komputer.
Bios adalah sarana penampung atau penyimpan perintah internal command yang telah dibuat oleh perusahaan komputer.
Posisi Os (Operating System) adalah pada BOS yang terdiri dari beberapa file antara lain 10-SYS, 1 BMB 10-COM, MS DOS – SYS dan Command Com.

A.4.2. Software non Operating System


A.5. Dampak Negatif Komputer Tanpa BIOS
A.6. Letak instalasi BIOS
A.7. Produsennya : Saat ini, ada beberapa perusahaan penyedia BIOS, yakni sebagai berikut:
• Award Software, yang meluncurkan Award BIOS, Award Modular BIOS, dan Award Medallion BIOS
• Phoenix Technologies, yang meluncurkan Phoenix BIOS, dan setelah melakukan merjer dengan Award Software, meluncurkan Phoenix-Award BIOS.
• American Megatrends Incorporated (AMI) yang merilis AMI BIOS, dan AMI WinBIOS.
• Microids Research
• Para OEM (Original Equipment Manufacturer), seperti Hewlett-Packard/Compaq, IBM/Lenovo, Dell Computer, dan OEM-OEM lainnya.

B. OPERATING SYSTEM
B.1. Definisi : Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankansoftware aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

B.2. Sistem Operasi Ditinjau Dari Apa Yang Dilakukannya:
1. Sebagai antarmuka atau interface antara user dengan hardware.
2. Memungkinkan adanya pemakaian bersama hardware maupun data antar user.
3. Pengatur penjadwalan resource bagi user.
4. Menyediakan fasilitas sistem operasi.
Tujuan Adanya Sistem Operasi
1. Menunjukkan lingkungan dimana seorang user dapat mengeksekusi program-programnya.
2. Membuat sistem komputer nyaman untuk digunakan.
3. Mengeffisienkan hardware komputer.
Fungsi Dan Sasaran Sistem Operasi
1. Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (sebagai resource manager).
2. SO sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine).

B.3. Setelah selesai merakit PC maka langkah selanjutnya adalah instalasi Sistem Operasi atau OS. Yang harus diperhatikan dalam menginstal / menginstal ulang windows xp :
1. Siapkan CD Instal Windows XP yang bootable (cd windows xp yang bisa booting/bootable). Jika CD windows xp tidak bootable maka anda terlebih dahulu harus menginstal windows 98, baru kemudian menginstal windows xp biasa (seperti menginstal program) dan jangan lupa ingat dan catat serial numbernya.
2. Yang pasti computer anda harus ada CD roomnya, jika belum beli dulu....
3. Backup data/documents apa saja yang menurut anda penting yang ada didalam drive C ke drive lainnya misal ke drive D. Karena ini ada adalah instalasi pertama maka anda tidak usah membacup data Karena anda belum mempunyai data di harddisk, namun jika ada data dalam hardisk dan anda ingin menginstall ulang komputer maka sebaiknya data tersebut di backup, kecuali apabila anda merepair/memperbaiki maka data/program yang ada di drive C tidak akan hilang
4. Siapkan CD driver yang dibutuhkan oleh computer anda, seperti driver sound,
motherboad, dan driver VGA card atau mungkin juga LAN card.
5. Jika anda perokok siapkan rokok terlebih dahulu supaya tidak bosen, karena instalasi memakan waktu kurang lebih setengah jam (tergantung kecepatan computer anda).
6. Proses Instalasi instalasinya adalah sebagai berikut :
1. Masukan CD installer Windows Xp kedalam CD room anda.
2. Restar computer.
3. pilih booting awal ke CD room. Untuk mengganti booting awal ke CD room anda bisa masuk ke bios dengan cara restart computer lalu tunggu tulisan Pres Del to enter setup, dan anda harus menekan tombol Del yang ada di keyboard.
Diposkan oleh RaN_nEe... di 18:43 0 komentar
Label: CIT-Task (Tugas - TIK)smA klaZ X-1
Rabu, 30 Desember 2009
tuGaz TenNTanG pRinteR
SOAL....
1.Cari berbagai jenis atau modeL printer?
2.Cara instal driver printer?
3.Cara setting printer untuk berbagai jenis model printer!!!
4.Cara set up jenis kertas yang akan dipakai untuk mencetak,posisi kertas dan margin kertas??
5.Trouble shooting gangguan printer!
6.Cara mengatasi printer yang ngeblink!!!
7.Trick and tips memilih printer yang bagus!
jaWaBanzZ...
1.Canon-PrinteR,EpsoN-prinTer,Hp-PrinTer,LexmArk-PrinTer,Dell-pRinter,OkiData-printEr,NeC-pRinteR...
InjeCt-printEr,LasEr-prinTer,coPierS,inKjeCt faX,dOt matRix pRinteR.....
2.-Free download center for many hardware products...
-The Driver magazine is published in print and online. It features sections covering Automotive News, Car & Truck Reviews, Driver Lifestyle (health on the road, road trips & travel planning, style), Driving based Video Game Reviews, Interviews with thE toOls of tHe prinTer...
-Dan apabila printeRnya ruSak daN kita tidaK dapat membenarkannya jalan satu-satunya adalah mngantarkan printer kitA kepada tukanG resparaSi alat-alAt KOmputer...
3.Cara settinG jeniZ moDel printEr Linux adaLah Linux anDa sudah harUs terhubunG kepadA jarIngan yanG ada,Atau Men-SharinG komputer..jika maSih tetaP tidaK bisa BukalaH alAmat weB http://local;631,kemudian tambahkan nama printEr... untuk mencari cara men-seeTting pRinteR..

4.Setelah selesai mengetik dan akan mulai mencetak hasil ketikan gunakanlah atau klik file-page set up-pilih hal-hal yang akan di atur misalnya posisi kertas ataupun jenis kertas yanga akan digunakan untuk mencetak hasil....

ARTIKEL TENTANG PRINTER DAN BERBAGAI MASALAH YANG DITIMBULKAN

a. Topik: Power Regulator
a. Tujuan: Mengenal Bagian Power Regulator

Penjelasan
Printer adalah suatu alat untuk mencetak semua tulisan, dokumen, yang terlihat pada layar monitor, dan lain-lain yang terkandung dalam komputer termasuk data distorage. Printer termasuk peralatan output yang dinamakan peripheral.

Beberapa jenis printer yang berada di pasaran sebagai berikut :
- Letter Quality
- Dot matrix
- Thermal printer
- Ink Jet printer
- Laser
- Plotter

a. Letter Quality
Adalah printer yang dapat mencetak dengan kualitas seperti mesin tik jadi tulisannya adalah padat dan jelas. jenis letter Quality menggunakan element untuk mencetak huruf-huruf, seperti mesin tik IBM elektrik yang menggunakan element bola. Kelemahan dad letter quality printer adalah kecepatanya yaitu rata-rata
antara 8-80 karakter per detik tetapi kelemahannya tidak dapat mencetak graflk.

b. Dot Matrix
Dot matrix adalah system pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas. Cara mencetak tersebut dinamakan impact. Kelebihan dari printer ini adalah kecepatan cetaknya yang mencapai 400 cps, yaitu lima kali lebih cepat dan dapat mencetak graflk, tetapi kulaitas hurufnya tidak sebagus letter Quality. Kelemahan Cara printer ini bekerja adalah mencetak dari kiri ke kanan , kemudian dari kanan ke kiri pada baris berikutnya sehingga untuk mencetak satu baris teks menjadi lambat.

c. Thermal Printer
Kualitas thermal printer sama dengan dot matrix karena prinsip kerjanya sama, hanya thermal printer menggunakan panas dan bukan tekanan atau impact. Keuntungan dari thermal printer adalah lebih. tenang (tidak berisik) dan mempunyai kecepatan tinggi yaitu 6 halaman per menit, kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus.

d. Ink jet
Printer Inkjet menggunakan tinta. 'Penyemprotannya" menggunakan muatan listrik Sehingga labih tenang dan mempunyai kecepatan tinggi yaitu s/d 270 cps, Dan dapat ditengkapi dengan tinta berwarna. Kelemahannya ink jet printer harus menggunakan kertas khusus sehingga cetakan harus kering sebelum
wama lain menimpanya.

e. Laser Printer
Cara kerja printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy, perbedaanya pada mesin fotocopy bayangannya difokuskan pada silinder yang berputar sedangkan laser printer bayangannya diciptakan dengan titik per titik oleh semiconductor laser. Kualitas tulisan laser hampir sama dengan letter quality karena 1cm terdih dad 750 titik-titik. Kecepatan mencetaknya adalah 8 halaman permenit Kelemahannya mahal.

f. Interface-
Printer dapat dihubungkan dengan komputer secara seri dengan RS-232C atau parallel dengan Centronic. Tetapi karena belum standarnya dunia teknologi komputer dan printer maka untuk menjalankan printer yang berlainan dengan jenis komputemya maka dapat digunakan perangkat lunak.

g. Plotter
Plotter merupakan salah satu peralatan output yang digunakan untuk menggambar grafik dan lain-lain. Perbedaannya dengan printer menggunakan sistem digital, yaitu analog. Contoh plotter grafik adalah ECG(Electro Cardiograph) yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung, atau jarum seismograph untuk mencatat getaran bumi. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor.

Metoda Pencarian Kerusakan
Flow Chart mendeteksi kerusakan pada printer dot matrix


Keterangan :
1. Rangkaian Power Supply
Rangkaian PS AC terdiri dari Sekering, FET, dan transistor bertahanan kecil.
Ranglaian PS Output DC terdiri dari Kapasitor Elektrolit, Dioda dengan pendingin
2. Sensor Kertas
Sensor kertas mendeteksi keberadaan kertas pada rak printer. Bentuknya berupa limit switch
3. Rangkaian Pengontrol
Terdiri dari IC penggerak motor roller (SLA 7022) dan penggerak head. Cek sekering dan sensor head(limit switch membatasi gerak head ke arah kiri)
4. Motherboard
Salah satu komponen penting adalah BIOS printer. Jika test print tidak bekerja, maka BIOS tidak berfungsi dengan baik

Perawatan Printer
Rata-rata printer memiliki ketahanan selama 4-5 tahun pemakaian normal. Setiap 3 bulan diharuskan membersihkan printer secara keseluruhan Lepaskan dari catu daya, keluarkan dan bersihkan printer dengan sikat lunak dan vacuum cleaner dengan pipa kecil Usahakan tempatkan printer pada tempat yang aman dan bersih jauh
dari cairan, lemak, debu, sumber panas (termasuk matahari temperatur aman adalah 25-35 derajat celcius C) dan mesin listrik

Mengatasi Masalah pada Printer
Pemakaian kertas yang tidak tepat dapat menghasilkan cetakan yang buruk, kertas bias macet Kawat korona dan rollers menjadi kotor sehingga anda harus sering membersihkannya. Pada fussing roller, suhu dapat mencapai 200 derajat celcius oleh karena itu jangan menggunakan kertas tinta. 1 kop surat yang peka terhadap panas. Beberapa perekat pada label atau amplop cenderung meleleh, pada suhu tinggi, sehingga mengakibatkan kemacetan kertas dan kerusakan komponen printer. Film overhead transparan dapat digunakan sepanjang kriterianya sesuai untuk ketahanan suhu dan ukuran.

Pemecahan Masalah Pada Printer LaserJet

No.

Masalah

Penyebab/Pemecahan
1.

Daerah yang meredup sepanjang halaman
- Turunkan tombol kerapatan kertas;
- Ganti catridge toner;
- Kertas terlalu lembab
2.

Tetesan, goresan dari daerah yang meredup
- Kertas terlalu lembab
- Kawat pemindah korona perlu dibersihkan
3.

Goresan hitam pada bagian depan kertas
- Bersihkan dan ganti lapisan roller fusing
- Bersihkan kawat korona
4.

Garis Hitam horizontal
- Bersihkan roller pemindah dari jalur kertas
- Ganti/bersihkan palisan pembersih roller fusing
- Ganti catridge toner
- Ganti jenis kertas yang digunakan
5.

Goresan putih vertikal
- Bersihkan kawat pemindah korona
- Ganti catridge toner
- Bersihkan/ganti lapisan pembersih roller fusing
6.

Noda hitam di bagian belakang kertas
- Bersihkan jalur pengumpan kertas dan roller
- Bersihkan kawat pemindah korona
- Bersihkan bagian bawah cartridge toner
- bersihkan/ganti lapisan pembersih roller fussing
7.

Faris sepanjang sisi kanan
- Bersihkan kawat korona utama
- Bersihkan sabuk pemisah
8.

Tanda yang berulang dalam interval teratur
- Bersihkan semua roller dalam jalur kertas
- Ganti cartridge toner

Pemecahan Masalah Pada Printer Inkjet

No.

Masalah

Penyebab/Pemecahan
1.

Printer seperti biasa tapi tidak ada hasil cetaknya
- Lakukan prosedur cleaning
2.

Orinter mencetak tapi hasil cetakan makin lama makin hilang atau buram
- Lakukan proses cleaning
- Ada kemungkinan ink cartridge sudah habis
3.

Cetakan yang dihasilkan berupa karakter-karakter yang pecah-pecah/blur
Media kertas yang digunakan mempunyai kulitas yang tidak halus. Jenis kertas yang digunakan dapat diganti dengan kertas yang mempunyai serat halus dengan berat 60-80 gram
4.

Jika pada hasil cetakan terdapat garis putih di tengah atau karakter yang dicetak tidak sempurna terdapat titik hitam disekitar yang membuat kotor hasil cetakan
Lakukan prosedur cleaning
5.

Printer menghasilkan cetakan berupa karakter tidak dikenal dan tidak sesuai dengan yang diinginkan
Driver printer tidak sesuai atau tidak cocok, sehingga harus disesuaikan dengan jenis printer yang spesifik
6.

Lampu indikator error terus menyala
Untuk tipe printer yang tidak menggunakan autosheet feeder, tempatkan kertas pada printer dengan memperhatikan sisi kiri kertas pada printer. Untuk tipe yang memiliki auto sheet feeder set paper adjustment sesuai dengan ukuran kertas
7.

Printer menarik setumpuk kertas sekaligus
Pada saat menaruh setumpuk kertas pada auto sheet feeder pastikan tidak ada kertas yang menempel satu sama lain dan jumlah tumpukan kertas tidak lebih dari jumlah yang ditentukanHindari dalam satu tumpukan kertas terdapat ukuran kertas yang berbeda.
Catatan: Matikan printer sebelum melakukan perbaikan

Mengatasi Masalah Printer Dot Matrix

Dibandingkan printer jenis lain, printer dot matrix termasuk printer yang tahan banting dan mudah dioperasikan. Kerusakan yang sering terjadi, umumnya pada printhead. Pada pemakaian normal, printhead dapat mencetak sampai 150-200 juta pukulan. Pemakaian pita printer yang kurang baik dapat mempercepat kerusakan dan korosi pada printnead. Kornpatibilitas dari suatu printer juga perlu diperhatikan, sebab adakalanya perangkat lunak tidak mengenal suatu merek printer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar